Nama: Maya Rosaria
Nim : 135030501111012
Dalam
suatu Negara peran pemerintah adalah membangun kepercayaan masyarakat terhadap
penyelenggaraan pelayananan publik,hal ini dilakukan seiring harapan dan
tututan seluruh warga negara dan penduduk yang ingin adnya peningkatan kualitas
pelayanan publik. Pelayanan publik sendiri adalah suatu kegiatan dalam rangka
pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi
setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan pelayanan administratif
yang disediakan oleh penyelenggara negara.
Dalam
penyelenggaraan pelayanan publik, birokrasi publik lebih berorientasi pada
kekuasaan sehingga membuat birokrasi semakin jauh dari misinya untuk memberikan
pelayanan kepada masyarakat, para pejabat lebih memperlihatkan kekuasaannya
dari pada sebagai pelayan masyarakat, Meluasnya praktik-praktik KKN dalam
birokrasi publik semakin mencoreng image masyarakat terhadap birokrasi
publik.KKN membuat pelayanan birokrasi menjadi sulit dan masyarakat harus
membayar lebih mahal jika ingin cepat selesai dalam mengurus berkas. Praktik - praktik
KKN yang terjadi dalam birokrasi membuat birokrasi menjadi jauh dari
masyarakatnya,Ini yang membuat masyarakat mulai tidak percaya lagi terhadap birokrasi.
Akuntabilitas
menjadi indikator penting dalam memperoleh kepercayaan dari masyarakatnya,
akuntabilitas dapat menjadi parameter untuk mengetahui kuat atau lemahnya
partisipasi masyarakat. Adanya keyakinan masyarakat akan akuntabilitas seorang
pemimpin akan diikuti dengan tingkat kepatuhan masyarakat terhadpa keputusan
yang dibuat pemimpin.
Peran pemimpin sangat penting untuk membangun
kepercayaan publik dengan mencakup
lingkup internal yang berkaitan dengan upaya menggerakkan dan memastikan sumberdaya
aparatur berkinerja tinggi dan dengan lingkup eksternal organisasi dalam upaya
mencermati harapan masyarakat dan komunikasi ekternal baik menyangkut
ukuran-ukuan kinerja pelayanan publik.
Pemimipin
yang cerdas tidak menjadi jaminan untuk memimpin suatu organisasi yang efektif
dan efisien, karena pemimimpin selain memiliki pengetahuan dan keterampilan
dalam memimpin juga harus dituntut berperilaku sebagai panutan bagi bawahannya.
Agar
pelayanan publik semakin baik dan dapat melayani masyarakat dengan profesional
pemimpin harus melakukan perubahan mulai dari dalam dahulu, pemimpin saat ini
tidak hanya mengandalkan kekuasaannya saja namun pemimpin harus mengerti dan
harus bisa melayani kebutuhan bawahannya. Yang dibutuhkan pekerja adalah sebuah
penghargaan, didengar, mendapatkan kesempatan berkembang, aktif dalam pembuatan
keputusan. Namun kenyataannya dalam
konteks organisasi publik kepemimpinan lebih merupakan orang yang diangkat dan
dikukuhkan untuk menduduki jabatan tertentu.
Untuk
mendapatkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pelayanan publik
pemimpin harus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berbicara dan
memberikan wadah untuk masyarakat yang melaporkan keadaan sesungguhnya di dalam
birokrasi publik, dan pemimpin harus
cepat merespon dan melihat langsung keadaan di lapangan, hal tersebut dapat
menjadi bahan evaluasi dalam perbaikan pelayanan publik.
Menurut
Stephen R.Covey dalam bukunya yang
berjudul “ The speed of trust: The one
Thing that changes everything” menurutnya ada 5 gelombang trust yaitu
1. Self
Trust yaitu percaya pada diri sendiri, pemimpin memiliki integritas tinggi dan
memiliki tujuan yang baik dalam menjalankan kepemimpinannya
2. Relantionship
Trust diperlukan adanya tingkah laku organisasi lengkap dengan jajarannya
secara konsisten dan berkesinambungan.
3. Stakeholder
Trust pemimpin harus bisa menjamin kualitas dari anggotanya dengan cara
memberikan kepercayaan yang sangat tinggi,dan perlunya prinsip-prinsip
kerjasama dalam membangun organisasi
4. Market
Trust digunakan dengan prinsip reputasi,jika dalam pelayanan publik dapat
dibuktikan dengan cepatnya dalm menyelesaikan berkas yanng diminta masyarakat
tanpa meminta uang lebih untuk menyelesaikan, jika pelayanan publik dapat
bekerja dengan proses yang mudah dan cepat. Maka masyarakat dengan sendirinya
akan percaya pada kinerja PNS, dan reputasi pemimpin dan staff akan lebih baik
dimata masyarakat.
5. Society
Trust pemimpin harus mampu mempertahankan kepercayaan yang diberikan oleh
masyarakat dengan cara memberikan kembali kepercayaan itu dalam bentuk
perberdayaan yang dinamis dan berkelanjutan.
Namun
dalam kenyataannya masyarakat tidak lagi percaya terhadap pemimpin dan aparatur
negaranya. Salah satu solusi yang baik dalam membangun kepercayaan rakyat kembali
dengan cara pemimpin harus mampu membangun kembali kredibilitas seorang
pemimpin, kredibilitas yang profesional adalah dengan melalui pembangunan
institusi dan langkah-langkah pemberdayaan yang dapat mengangkat harkat dan
martabat rakyat, serta memiliki kemampuan sikap dasar yang profesional. kerberhasilan
dapat dilihat dari peningkatan pelayanan publik.
Kualitas
pelayanan publik dapat terwujud jika dalam organisasi pelayanan terdapat sistem
pelayanan yang mengutamakan kepentingan warga. Menurut (Tjiptono,1996)kualitas
pelayanan tidak hanya diartikan dari segi hasilnya saja namun lebih lengkapnya
lagi karena meliputi dari proses,lingkungan dan juga yang terpenting adalah
faktor manusia. Kualitas layanan dibentuk oleh 3 indikator yaitu kecepatan dan
keakuratan kinerja layanan, kecepatan dan keakuratan dalam merespon dan
menyelesaikan komplain dari pelanggan, citra/reputasi kualitas pelayanan.
Seorang
pemimpin harus mampu menumbuhkan kreativitas dan tidak mematikan berbagai
strategi yang dikembangkan bawahan berdasarkan kompetensi teknis yang mereka
kuasai. Penyelesaian masalah pelayanan publik sangat membutuhkan kerjasama yang
baik antara pemimpin, personal dalam organisasi, masyarakat (client), dan
sektor swasta. Dengan kerja sama yang baik masalah pelayanan publik akan
menjadi ringan jika. semua membuka diri untuk saling menyumpangkan pemikiran,
resources, dan dukungan.
Pemimpin
harus memiliki strategi dalam meningkatkan kinerja para birokratnya untuk
meningkatkan kualitas kinerja individu dan organisasinya, strategi tersebut
antara lain Menjaga dan mendorong motivasi anak buah hal ini dilakukan untuk
menjaga dan mendorong motivasi para aparatur negara dan Peningkatan Kualitas
Aparatur Negara dalam memberikan pelayan publik.
dengan
demikian pemimpin harus mampu menentukan dan seperti apa tujuan yang ingin
dicapai, sehingga hal tersebut dapat menjadi sebuah acuan,referensi dan pedoman
bagi para bawahannya. Pemimpin juga harus mampu memberi insentif atau bonus
berupa penambahan gaji maupun penghargaan kepada para penyelenggara pelayanan
publik yang bekerja secara profesional, jujur dan ramah terhadap costumer(
pengguna jasa pelayanan publik). Selain itulangkah seorang pemimpin dalam
menggerakkan organisasi untuk menciptakan pelayanan prima adalah dengan
mengembangkan call centers dalam pelayanan publik, adanya resource sharing yang
melibatkan pihak swasta ataupun bekerja sama dengan daerah lain dalam
menuingkatkan kualitas pelayan publik, dan yang terakhir adanya kosultasi
publik dalam mengembangkna atau suatu kebijakan yang berkaitan dengan pelayanan
publik.
Kesimpulan
Kunci dari suatu keberhasilan
pelayanan publik adalah mendapatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat atas
kualitas pelayanan yang diberikan. Karena itu dibutuhkan kualitas yang prima
dan profesional pada pegawai. Pemimpin harus selalu memberikan dukungan dan
komitmen kepada bawahan dlam pemberian pelayanan publik dan memberikan dukungan
dan komitmennya kepada para pengguna pelayanan publik. Organisasi publik harus
selalu mengedepankan kepentingan pelanggan(masyarakat) dan memeperhatikan
prinsip kerjasama dan partisipasi antar pegawai, organisasi publik juga
dituntut selalu melakukan perbaikan sistem dalam memepermudah suatu proses pelayanan.
Daftar Pustaka
Widodo,
joko.2007. membangun birokrasi berbasis
kinerja. Malang:Bayu Media.
http://www.jakarta.kemenkumham.go.id//Arisman. Peran Kepemimpinan Dalam Membangun
Kepercayaan Masyarakat Terhadap pelayanan Publik. Makalah kepemimpinan
Terima kasih. Membantu vroooo..
BalasHapusTerima kasih. Membantu vroooo..
BalasHapus